Skip to main content

Cara Memperbaiki Frame Tenda

Postingan kali ini membahas tentang bagaimana cara memperbaiki frame tenda selama ini yang kami lakukan. Sebagai tempat penyedia jasa sewa alat outdoor sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tenda dome. Alat camping yang satu ini digunakan oleh para pendaki sebagai tempat mereka bisa beristirahat, tidur dan melakukan aktifitas lainnya dengan nyaman walaupun berdinding jenis kain dan beralaskan terpal.

Begitupun juga dengan komponen atau bagian-bagian dari tenda dome itu sendiri. Ketika ada tenda yang datang setelah di sewa oleh pendaki, dengan demikian kami harus mengecek alat-alat tersebut, tujuannya adalah untuk memastikan alat yang telah disewa tidak ada komponen yang kurang atau hilang bahkan bisa jadi rusak baik yang di sengaja ataupun yang tidak disengaja oleh para pendaki yang sewa alat disini.

Oleh sebab itu kami hafal betul di setiap alat yang kami sewakan dan komponen-komponen apa saja yang ada di alat tersebut.

Dari pengalaman data penyewaan kami, bagian frame tenda merupakan bagian yang riskan atau memiliki resiko kerusakan yang paling tinggi dibandingkan komponen lainnya.

Baca Juga : [ Cara Menggunakan Kompor Portable ]

Frame tenda yang kami gunakan berbahan fiber, hampir semua tenda yang kami sewakan menggunakan jenis frame fiber. Sebetulnya ada 2 jenis frame yang biasa digunakan untuk tenda dome, yaitu frame fiber dan frame alloy. Sebagai perbandingan, frame yang berbahan alloy sebenarnya lebih kuat, tahan lama dan ringan bila dibandingkan dengan frame fiber, tapi hargnya lebih mahal.

Supaya frame lebih awet dan tahan lama biasanya kami sedikit memodifikasi frame tersebut. Dengan cara menggunakan alat-alat sederhana dan bisa didapatkan disekitar kita. Berikut adalah alat-alat yang perlu anda siapkan :

Peralatan yang dibutuhkan
  1. Gunting / Cutter

    Digunakan untuk memotong / menggunting bagian yang harus di potong terutama ketika memotong lakban atau tali frame.

  2. Lakban Hitam

    Menjadi salah satu komponen yang penting untuk menjadi perekat anatara besi dengan frame. Selain direkatkan oleh lem dari bawaan pabrikan yang biasanya kurang kuat dan suka lepas, lakban juga berfungsi untuk menjadikan frame tenda lebih kuat dan tidak mudah copot.

  3. Lem Korea / Alteco / Superglue

    Lem perekat ini digunakan ketika ada frame yang pecah. Anda tidak perlu menggantinya, cukup di olesi saja pada bagian yang pecah, tahan dan luruskan frame beberapa detik. Untuk lebih jelasnya frame tenda pecah seperti pada gambar dibawah ini :

    Contoh frame tenda yang pecah
  4. Tang

    Biasa digunakan untuk mencabut besi penyambung pada frame.

  5. Gergaji Besi

    Memudahkan ketika memotong frame tenda yang berbahan fiber sehingga lebih rapi.

    Proses pemotongan frame
  6. Palu

    Digunakan bila Anda membutuhkan pukulan yang cukup kuat biasanya untuk melepaskan konektor besi dari frame.

  7. Kawat

    Memudahkan dalam memasukkan / mengeluarkan tali karet pada frame tenda.

    Mengaitkan ujung tali karet pada kawat yang sudah di modifikasi
  8. Tali Karet Elastis / Tali Frame Tenda

    Untuk mengganti tali yang putus, karena kami menemukan untuk beberapa merk tenda yang tali karetnya mempunyai diameter yang kecil sehingga mudah putus.

    Tali karet frame

Mungkin itu lah beberapa tips sederhana kami dalam mengakali frame tenda supaya lebih awet dan tahan lama dalam pemakainnya. Jika anda mempunyai tips dan trik yang berbeda mengenai frame tenda silahkan komentar dibawah ini. Tidak menutup kemungkinan menjadi referensi bagi kami dan bagi yang lainnya juga. Semoga bermanfaat :).

Share this on :

One thought on “Cara Memperbaiki Frame Tenda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *