Skip to main content

Karacak Valley, Alternatif Objek Wisata di Garut

IMG_20160712_153317_HDR

Ketika kita mau melancong ke Kota Garut, sobat traveller pasti langsung membayangkan gunung-gunungnya atau pun pesona dari pantai selatan. Terlepas dari mahalnya tarif Gunung Papandayan yang sekarang ramai diperbincangkan di media sosial, Kota Garut mempunyai banyak sekali alternatif objek wisata. Salah satunya yang beberapa bulan belakangan ini baru dibuka dan ramai dikunjungi adalah Karacak Valley.

_MG_2609

 

Karacak Valley secara administratif terletak di Kecamatan Garut Kota, yang merupakan objek wisata alam satu-satunya yang ada dikecamatan tersebut dan berada di Kelurahan (Desa) Margawati. Karacak Valley ditemukan oleh warga masyarakat setempat dalam hal ini petani kopi, yang awal mulanya hanya sebatas menaman kopi saja yang mencapai 9 hektar luasnya. Penataan perkebunan yang rapih dan bersih serta di kelilingi oleh lebatnya hutan pinus, udaranya yang segar, di ketinggiaan membentang pemandangan kota yang bisa kita nikmati.

 

IMG_20160712_142019_HDR

 

Sehingga muncul ide dari petani itu dengan semangat gotong royong warga, di dukung oleh pemerintahan desa, dikelola oleh karang taruna pemuda setempat, jadilah Karacak Valley sebagai objek wisata. Karacak Valley merupakan produk dari LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang dalam pelaksanaan program-programnya didasarkan pada inisiatif dari masyarakat itu sendiri. LMDH kemudian bekerjasama dengan Perhutani badan usaha milik negara sebagai pihak yang berwenang di kawasan tersebut.

 

IMG_20160716_132354_HDR

 

Untuk mencapai ke lokasi, akses transportasi terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak kurang 1 jam dari Garut kota kita sudah sampai dan bisa menikmati keindahan di Karacak Valley. Sarana tranpostasi umum bisa di akses melalui naik angkot dari Terminal Guntur Garut dengan kode angkot 01 ataupun 02 jurusan Sukaregang dan Sukadana yang trayeknya sama-sama melintasi ke pangkalan ojeg Margawati, setelah itu kita tinggal menggunakan jasa ojeg untuk menuju ke lokasi.

 

IMG_20160716_131812_HDR

 

Bagi anda yang mempunyai kendaraan sendiri bisa langsung ke lokasi baik kendaraan roda dua atau pun roda empat dan memang lebih nyaman membawa kendaraan sendiri. Tapi kita tetap harus berhati-hati karena jalan menuju Karacak Valley kondisi jalanya kurang bersahabat, dari mulai jalannya banyak berlubang, banyak tanjakan yang disertai dengan tikungan tajam mengharuskan kondisi kendaraan anda benar-benar prima dan kita akan melintasi jalan yang tak beraspal alias tanah. Apalagi kalau di musim hujan kondisi jadi jalan lebih licin, membutuhkan ekstra kewaspadaan.

 

IMG_20160716_132221_HDR

 

Dengan kondisi jalan yang seperti itu, anda tak usah khawatir karena di sepanjang perjalan kita di suguhkan pemandangan alam yang indah. Di perjalanan kita bakal melewati beberapa perkampungan warga, di samping kiri dan kanan anda akan di suguhkan oleh hamparan sawah yang hijau, perbukitan yang menawan dan terlihat dari kejauhan Gunung Cikuray yang menjulang tinggi. Kita tidak usah bingung ketika diperjalanan menemukan persimpangan, karena disetiap persimpangan jalan akan ada penunjuk arah yang sengaja di pasang oleh pemuda karang taruna untuk memudahkan para pengunjung sampai ke lokasi.

 

IMG_20160716_171042_HDR

 

Sesampainya di lokasi, anda akan di sambut oleh petugas dengan ramahnya mengarahkan anda ketempat parkir untuk memarkir kendaraan anda. Untuk tiket masuk Karacak Valley memasang harga sebesar Rp. 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 5000,- untuk anak-anak. Dengan biaya itu kita bisa menikmasi fasilitas yang ada di Karacak Valley diantaranya :

 

IMG_20160716_133047_HDR

 

  • Hutan Pinus

 

IMG_20160712_140639_HDR

 

Hampir semua kawasan Karacak Valley di penuhi oleh pohon pinus yang merupakan daya tarik bagi pengunjung. Selain udaranya yang sejuk ketika berada dibawahnya, pohon pinus juga merupakan latar belakang foto yang keren untuk mengabadikan momen anda saat bersama keluarga, sahabat ataupun berselfie ria sama pasangan anda. Bagi anda yang membawa hammock, tidak akan kesulitan untuk memasangnya karena banyaknya pohon disana.

 

_MG_6126

 

  • Curug Ngebul

 

IMG_20160716_161024_HDR

 

Tempat ini yang paling seru yaitu Curug Ngebul yang merupakan tujuan favorit bagi para pengunjung. Dengan menempuh kurang lebih setengah jam perjalanan dari tempat pembayaran tiket. Trekking yang tidak terlalu sulit sangat cocok untuk membawa keluarga anda berwisata di Karacak Valley. Disetiap tanjakan yang dianggap sulit, oleh pengelola di kasih anak tangga untuk memudakan perjalanan anda. Di sepanjang trekking banyak sekali pohon kopi dan tentunya berjumpa dengan petani kopi yang ramah-ramah. Sampai lah kita di Curug Ngebul dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan berfoto-foto atau pun bisa mandi langsung di curugnya.

 

IMG_20160716_151516_HDR

 

  • Camping Ground

 

IMG_20160712_144400_HDR

 

Dengan biaya sebesar Rp. 15.000,- apabila ingin merasakan bermalam di Karacak Valley dan menikmati pemandangan Garut Kota di malam hari. Bagi anda yang tidak membawa peralatan camping disana juga disediakan penyewaan alat-alat camping. Lokasi Camping Ground-nya pun sudah di tentukan, tapi apabila anda ingin memilih lokasi camping yang bukan ditentukan pihak pengelola bisa saja, asalkan konfirmasi dan mendapat persetujuan dari pihak pengelola.

 

Akhir kata pemeliharan dan penataan di Karacak Valley sunguh luar biasa, dengan semangat gotong royong warga masyarakat setempat membuat objek wisata ini nyaman untuk di kunjungi, layak di acungi jempol. Harapannya semoga kedepan objek wisata Karacak Valley ini tetap nyaman dan bersih, tidak ada campur tangan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dan mungkin kedepannya akan dijadikan sebagai contoh bagi objek-objek wisata lain yang ada di Garut. Kewajiban kita adalah tetap menjaga dan memelihara alam untuk generasi kita yang akan datang.

 

Share this on :

6 thoughts on “Karacak Valley, Alternatif Objek Wisata di Garut

  1. Perbukitan disana sempat menjadi favorit warga sekitar sebagai lokasi yg pas untuk ngabuburit pada Ramadhan kemarin, terutama kalangan muda-mudi. Dan sampai saat ini suasana itu semakin berkembang seiring tersiarnya kabar tentang objek wisata tersebut. Semoga kedepannya membawa dampak positif untuk pemerintah daerah setempat.

    Terimakasih sudah berbagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *