Skip to main content

Curug Ciharus – Keunikan Indahnya Wisata Alam Curug

Kota garut memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata untuk di kunjungi, salah satunya Curug. Ya Kali ini saya akan membahas Wisata Alam Curug Ciharus, Curug yang terletak di Desa Dano Kecamatan Leles ini merupakan salah satu tujuan favorit pengunjung untuk berwisata alam.

Selain memiliki keindahan curug yang berbeda dibandingkan curug seperti biasanya, tempat ini memiliki jarak yang tidak jauh dari pusat Kota Garut. Cukup membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan motor, Anda bakal sudah sampai ke tempat tujuan Wisata Alam Curug Ciharus.

Baca Juga : [Karacak Valley]

Wisata Alam Curug Ciharus memiliki keunikan tersendiri tidak seperti curug pada umumnya. Memiliki ketinggian curug sekitar kurang lebih 30 meter, dengan debit air yang sangat kecil sehingga terlihat jelas tebing batu yang menjulang tinggi. Keunikan itu merupakan daya tarik dari Curug Ciharus, karena ketika Anda mengambil foto hasilnya akan terlihat bagus dengan berlatar belakang tebing.

wisata alam curug ciharus
Foto Lokasi Wisata Alam Curug Ciharus

Tidak hanya itu, kesegaran akan terasa ketika Anda berada dibawahnya. Dikarenakan debit air curug yang kecil, hanya terkena angin saja jatuhnya air curug bisa berubah arah sehingga kadang membasahi kita yang berada di bawahnya. Anda juga bisa mandi-mandi dibawah air terjun, ditambah dengan adanya kolam kecil tepat dibawah air terjun setinggi perut orang dewasa sehingga anda bisa berenang-renang di kolam tersebut.

Jalan menuju Wisata Alam Curug Ciharus

 

Foto Gerbang Selamat Datang Desa Dano
Foto Gerbang Selamat Datang Desa Dano

Untuk akses menuju Wisata Alam Curug Ciharus, sebaiknya Anda membawa kendaraan sendiri berupa sepeda motor. Tidak disarankan Anda memakai jasa kendaaraan umum misalnya angkot dan ojek, karena selain ribet dan memakan waktu yang lebih lama, juga ongkos yang tidak jelas patokannya berapa? terutama tarif ongkos di pangkalan ojek yang ada di perempatan Pasar Leles.

Jadi saya sarankan Anda membawa sepeda motor sendiri untuk pergi kesana. Tentunya dengan kondisi motor yang prima, lebih bagus lagi motor Anda sudah diservis dan diganti oli, karena jalanan yang ditempuh nantinya akan melewati tanjakan tajam disertai dengan jalanan yang rusak, bahkan sampai Anda menemukan jalan yang hanya batu-batu saja tidak ada aspalnya. Lebih disarankan lagi Anda membawa sepeda motor trail untuk melibas jalanan tersebut.

Jika posisi keberangkatan Anda berada di Garut Kota, maka Anda mengambil jalan arah ke Bandung yang melewati Pasar Leles, tepat di perempatan pasar ambil jalan ke arah kiri. Begitupun juga sebaliknya jika Anda datang dari arah bandung di perempatan Pasar Leles ambil jalan ke arah kanan.

Foto Petunjuk Arah di Persimpangan Jalan
Foto Petunjuk Arah di Persimpangan Jalan

Dari situ Anda tinggal ambil jalan lurus saja, melewati beberapa perkampungan, menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 30-60 menit sesuai dengan gaya berkendara Anda. Diperjalanan Anda akan banyak menemui pertigaan, namun jangan khawatir jika Anda kebingunan kearah mana jalan yang akan Anda ambil, cukup bertanya saja kepada warga sekitar. Walaupun begitu ada beberapa persimpangan yang sudah dikasih petunjuk arah menuju Wisata Alam Curug Ciharus.

Diperjalanan bila pada musimnya Anda akan menemukan hamparan tanaman akar wangi.

Tiket masuk

 

Tiket masuk Wisata Alam Curug Ciharus dari pihak pengelola mematok tarif sebesar Rp. 5000 dan tarif parkir sebesar  Rp. 2000. Terbilang cukup murah, dengan biaya segitu pengunjung dapat menikmati fasilitas dan wisata alam yang ada di Curug Ciharus. Disediakan juga lahan parkir yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan Anda. Di area pos pendaftaran juga terdapat warung, mushola dan toilet.

Foto Tiket Masuk Wisata Alam Curug Ciharus
Foto Tiket Masuk Wisata Alam Curug Ciharus

Untuk kepengurusan wisata alam Curug Ciharus dikelola langsung oleh pemuda setempat yaitu pemuda karang taruna dari Desa Dano. Tidak ada campur tangan pemerintah dalam kepengurusannya semisalnya pihak BKSDA ataupun badan pemerintahan lainnya. Terbukti dari lembaran tiket yang saya terima, hanya terlihat tulisan Karang Taruna Desa Dano sebagai pihak kepengurusannya.

Perjalanan dari tempat tiket ke Curug Ciharus cukup dekat, membutuhkan waktu sekitar 10 menitan saja Anda sudah sampai ke lokasi curug. Jalanan yang menanjak dipinggiran tebing mewajibkan Anda harus ekstra hati-hati. Tapi Anda tidak perlu khawatir, oleh pihak pengelola dibuatkan pagar pembatas yang terbuat dari bambu rotan sehingga memudahkan serta menambah keaman Anda ketika berjalan.

Kesimpulan

Setalah saya mengunjungi wisata alam Curug Ciharus, ada beberapa hal yang saya simpulkan diantaranya:

  1. Wisata Alam Curug Ciharus ini memiliki potensi yang besar untuk berkembang dilihat dari keindahan alam dan keunikan tempat yang disuguhkan alamnya.
  2. Jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat perkotaan sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama bagi kita untuk mengunjungi objek wisata alam ini.
  3. Dengan biaya yang murah kita bisa menikmati kesegaran wisata alam curug.
  4. Pengelolaan yang langsung oleh warga setempat Pemuda Karang Taruna Desa Dano membuat tempat wisata alam curug ciharus tetap terjaga dan terpelihara.

Akhir kata kembali lagi saya mengingatkan, kita sebagai penikmat alam wajib menjaga dan memelihara objek wisata yang kita kunjungi demi generasi yang akan datang. Apabila uraian yang saya sampaikan diatas dianggap kurang lengkap atau berlebihan, silahkan berkomentar dibawah demi informasi yang lebih akurat untuk kita semua.

Share this on :

One thought on “Curug Ciharus – Keunikan Indahnya Wisata Alam Curug

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *